LDKS SMAI IC Baitul Izzah semoga bermakna

By administrator 26 Des 2019, 11:39:22 WIB Kegiatan sekolah

LDKS SMAI IC Baitul Izzah tahun ajaran 2019/2020 ini merupakan acara yang diadakan sekolah untuk siswa kelas X, XI, dan XII yang tidak ikut tahun sebelumnya. LDKS tahun ini berbentuk homestay di rumah warga. Tujuan dari homestay adalah agar anak mampu berinteraksi dengan warga dan mendapatkan pengalaman mengenai kemampuan hidup seperti memasak, bertani, dan berternak. LDKS diadakan di Dusun Bakalan, Desa Duren, Kec. Sawahan, Kab Nganjuk. LDKS dilaksanakan selama 4 hari yaitu dari hari Kamis (19/12) hingga Minggu (22/12). LDKS diakhiri dengan lintas alam pada hari terakhir.

Kegiatan masak peserta LDKS

 

Selama 4 hari 3 malam, peserta LDKS belajar bagaimana kehidupan di Dusun Bakalan. Mereka dititipkan ke sekitar 15 rumah warga. Peserta diharuskan untuk membantu orang tua asuhnya. Peserta LDKS sampai ke Dusun Bakalan pada pukul 10.00. Setelah sampai, setiap peserta disebar sesuai orang tua asuhnya dengan kegiatan yang beraneka macam. Peserta LDKS diminta mengajak orang tua asuhnya sholat di masjid, tetapi jika tidak bisa, mereka diharapkan bisa mengajak orang tua asuhnya sholat bersama. Pada beberapa peserta, peserta LDKS diminta menjadi marbot pada musholla yang lebih dekat dengan rumahnya. Holat yang diharapkan bisa bersama-sama adalah sholat maghrib dan isya'. Setelah sholat isya' diadakan evaluasi oleh guru piket mengenai kegiatan peserta di hari tersebut.

Peserta LDKS ikut berbelanja di pasar

 

Pada Jumat sore, peserta LDKS diminta mengisi TPA di masjid dusun tersebut. Peserta LDKS membimbing anak-anak TPA dalam mengaji. Kegiatan TPA dilanjutkan dengan lomba pada hari Sabtu. Di hari Sabtu malam, diadakan pengajian dengan pembicara Ustadz Adib yang merupakan penyuluh KEMENAG untuk daerah tersebut. Setelah pengajian diadakan pembagian baksos untuk warga sekitar yang telah diundang sebelumnya.

Kegiatan TPA saat LDKS 

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment